TEKS

SELAMAT DATANG DAN JANGAN LUPA ISI BUKU TAMU & KOMENTAR YA.....

Tuesday, April 13, 2010

“PENGEMBANGAN DAN PENYEMPURNAAN KURIKULUM “

Oleh : Mazroatul Ulum, Mahmudah, Siti Zumaroh, Fifin Rohmawati & Istifaiyatus Sholichah

BAB I

PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

Sejalan dengan tuntutan zaman, perkembangan masyarakat, kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, dunia pendidikan sudah menginjakkan kakinya kedalam dunia inovasi. Inovasi dapat berjalan dan mencapai sasarannya jika, program pendidikan tersebut di rencanakan dan dilaksanakan sesuai dengan kondisi dan tuntutan zaman. Maka dari itu perlu adanya perkembangan dan penyempurnaan kurikulum dalam pendidikan.

B. Rumusan Masalah

1. Apa pengertian dari pengembangan dan penyempurnaan kurikulum ?

2. Apa perbedaan dari pengembangan dan penyempurnaan ?

BAB II

PEMBAHASAN

A. Pengembangan dan Penyempurnaan Kurikulum

1. Pengertian Pengembangan kurikulum

Caswell mengartikan pengembangan kurikulum sebagai alat untuk membantu guru dalam melakukan tugas mengajarkan bahan, menarik minat murid dan memenuhi kebutuhan masyarakat. Menurut Oemar Hamalik Pengembangan kurikulum adalah suatu proses perencanaan kurikulum agar menghasilkan rencana kurikulum yang luas dan spesifik.

Dari pendapat tersebut di atas dapat di katakan bahwa pengembangan kurikulum adalah suatu proses yang terencana untuk menghasilkan suatu alat yang lebih baik dengan di dasarkan pada hasil penilaian terhadap kurikulum yang telah berlaku, sehingga dapat memberikan situasi belajar-mengajar yang lebih efektif.

2. Pengertian Penyempurnaan Kurikulum

Penyempurnaan kurikulum adalah usaha menyesuaikan kurikulum dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta tuntutan kebutuhan masyarakat untuk mendapatkan proporsi yang tepat antara tujuan yang ingin dicapai dengan beban belajar, potensi siswa, dan keadaan lingkungan serta sarana pendukungnya di samping juga untuk memperoleh kebenaran substansi materi pelajaran dan kesesuaian dengan tingkat perkembangan siswa.

Penyempurnaan Kurikulum adalah upaya menyesuaikan kurikulum dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk memperoleh kebenaran substansi materi pelajaran dan kesesuaian dengan tingkat perkembangan siswa.[1]

Dimana penyempurnaan kurikulum mempunyai beberapa prinsip-prinsip yaitu:

a. Menyesuaikan kurikulum dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta tuntutan kebutuhan masyarakat.

b. Dilakukan untuk mendapatkan proporsi yang tepat antara tujuan yang ingin dicapai dengan beban belajar, potensi siswa, dan keadaan lingkungan serta sarana pendukungnya

c. Untuk memperoleh kebenaran substansi materi pelajaran dan kesesuaian dengan tingkat perkembangan siswa.

d. Mempertimbangkan berbagai aspek terkait, seperti tujuan materi, pembelajaran, evaluasi, dan sarana/prasarana termasuk buku pelajaran.

e. Tidak mempersulit guru dalam mengimplementasikannya dan tetap dapat menggunakan buku pelajaran dan sarana prasarana pendidikan lainnya yang tersedia di sekolah.

B. Perbedaan Tentang Pengembangan dan Penyempurnaan kurikulum

Pada intinya keduanya mempunyai tujuan yang sama yaitu upaya untuk menjadikan kurikulum sebagai alat untuk menghasilkan sebuah output berupa pendidikan yang lebih baik yang bisa menjawab tantangan dan kebutuhan masyarakat sesuai dengan tuntutan zamannya. Namun dalam prakteknya selain persamaan di atas sesuai dengan hal-hal yang mendasarinya dalam konsep tersebut di temukan beberapa perbedaan yang menjadi ciri dari konsep itu sendiri.

Dan di bawah ini ada beberapa perbedaan antara pengembangan kurikulum dan penyempurnaan kurikulum:

1. Pengembangan Kurikulum

Pada perkembangan Kurikulum yang telah di jelaskan di atas dapat di lihat bahwa perkembangan Kurikulum sebagai;

v Suatu proses yang merencanakan, menghasilkan suatu alat yang lebih baik.

v Di dasarkan pada hasil penilaian terhadap kurikulum yang telah berlaku.

v Bertujuan dapat memberikan kondisi belajar-mengajar yang lebih baik.

Tiga poin tersebut menunjukkan adanya perbedaan arti dengan Konsep-konsep sebelumnya sesuai dengan tujuan dan hal-hal yang mendasari, sekaligus menunjukkan adanya kemajuan dalam melangkah. Sebab menurut kami pada konsep ini merupakan sebagai upaya melanjutan langkah-langkah yang telah di tempuh pada konsep-konsep sebelumnya.

2. Penyempurnaan Kurikulum

Dalam langkah penyempurnaan telah di tegaskan beberapa poin penting yang mana hal itu merupakan wujud dinamika kurikulum dalam rangka memenuhi tuntutan dunia pendidikan yang terus maju, seiring perkembangan ilmu Pengetahuan dan teknologi yang semakian maju pesat. Dalam konsep Penyempurnaan di tegaskan adanya:

v Upaya menyesuaikan kurikulum dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

v Untuk memperoleh kebenaran substansi materi pelajaran dan kesesuaian dengan tingkat perkembangan siswa.

v Dilakukan untuk mendapatkan proporsi yang tepat antara tujuan yang ingin dicapai dengan beban belajar, potensi siswa, dan keadaan lingkungan serta sarana pendukungnya.

Dari sini nampak jelas terjadinya kelengkapan dari upaya untuk menjadikan Kurikulum dapat memenuhi tuntutan masyarakat sesuai dengan perkembangan Zamannya. Kurikulum itu tidak hanya sekedar di kembangkan tanpa adanya tindakan penyempurnaan, melainkan setiap kekurangan yang di temukan dalam pengembangan kurikulum harus segera di sempurnakan agar dunia pendidikan dapat mengikuti perubahan zaman serta perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Hal ini sejalan dengan pernyataan Blaney, Pengembangan Kurikulum merupakan suatu proses yang sangat komplek karena mencakup pembicaraan penyusunan kurikulum, penilaian yang intensif, dan penyempurnaan-penyempurnaan terhadap komponen kurikulum

BAB III

PENUTUP

A. Kesimpulan

1. Pengertian Pengembangan dan penyempurnaan kurikulum

Pengembangan kurikulum merupakan suatu proses yang merencanakan, menghasilkan suatu alat yang lebih baik dengan di dasarkan pada hasil penilaian terhadap kurikulum yang telah berlaku, sehingga dapat memberikan kondisi belajar-mengajar yang lebih baik.

Penyempurnaan kurikulum adalah upaya menyesuaikan kurikulum dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta tuntutan kebutuhan masyarakat untuk mendapatkan proporsi yang tepat antara tujuan yang ingin dicapai dengan beban belajar, potensi siswa, dan keadaan lingkungan serta sarana pendukungnya di samping juga untuk memperoleh kebenaran substansi materi pelajaran dan kesesuaian dengan tingkat perkembangan siswa

2. Perbedaan antara pengembangan dan penyempurnaan kurikulum

Dalam pengembangan kurikulum, Pengembangan kurikulum merupakan suatu proses yang merencanakan, menghasilkan suatu alat yang lebih baik dengan di dasarkan pada hasil penilaian terhadap kurikulum yang telah berlaku, sehingga dapat memberikan kondisi belajar-mengajar yang lebih baik.

Sedangkan penyempurnaan kurikulum, merupakan wujud dinamika kurikulum dalam rangka memenuhi tuntutan dunia pendidikan yang terus maju, seiring perkembangan ilmu Pengetahuan dan teknologi yang semakian maju pesat.

Daftar Pustaka

Muhaimin. Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam.Jakarta: Rajaaawali Pers,2009

Hamalik,Umar. Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum.Bandung:PT. Remaja Rosda Karya,2008

http://www.fathululum-badruns7.blogspot.com/2009/01/pengembangan-kurikulum.html



[1] http://www.fathululum-badruns7.blogspot.com/2009/01/pengembangan-kurikulum.html

2 comments:

  1. terima kasih..sangaat membantu memahami penjelasan tentang penyempurnaan kurikulum

    ReplyDelete
  2. wuih.. mantap bray,.. ketemu juga ni bahasan..

    ReplyDelete